Senin, 06 Juli 2009

Administrasi ketatausahaan

Administrasi ketatausahaan

Pengertian Tata Usaha

Tata usaha merupakan salah satu kegiatan administrasi pendidikan disekolah. Dalam bahasa inggris tata usaha sering disebut dengan "clerical work", office management", atau "recording and reporting system". Tata usaha berarti juga "administratie" dalam bahasa belanda.

Administrasi ketatausahaan merupakan kegiatan administrasi pendidikan yang mengelola pencatatan, pengumpulan, penyimpanan data dan dokumen yang dapat dipergunakan untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan, urusan surat menyurat serta laporan-laporan mengenai kegiatan sekolah. Rifai menyebutnya dengan mekanisme-bantu yang dapat lebih memperlancar dan lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses administrasi, dengan menyediakan segala data yang diperlukan untuk memungkinkan administrasi berjalan.

Secara terperinci, kegiatan tata usaha meliputi beberapa aktivitas yang diberlakukan dalam suatu organisasi atau pun sekolah, yaitu: menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan. Keenam kegiatan ini tidaklah merupakan suatu urutan waktu, tetapi dapat berlangsung berdiri sendiri atau dalam suatu rangkaian mulai dari aktivitas manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar